Pengalaman Seru Nonton Festival Danau Tempe dari Atas Rumah Terapung

Perahu hias, Festival Danau Tempe 2021, perahu di Danau Tempe

Festival Danau Tempe 2021, Event Jempolan yang Belum Diketahui Banyak Orang
Festival Danau Tempe 2021, Alat Musik Tradisional, Pertunjukan Musik Tradisional, Danau Tempe

Liburan ke danau yang ada #DiIndonesiaAja enggak melulu tentang menyaksikan panorama alam, lho! Nah, kalau kamu udah pernah datang ke Danau Tempe yang ada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, belum nih? Ternyata, di salah satu destinasi wisata unggulan tersebut ada event budaya yang meriah dan unik, namanya Festival Danau Tempe. Tahun ini FDT telah diselenggarakan pada 28 November 2021 silam. Udah pernah dengar belum soal gelaran rutin yang diadakan setiap setahun sekali di salah satu danau terbesar di Pulau Sulawesi ini?

Melihat Sisi Lain Wajo, Sulawesi Selatan, di Festival Danau Tempe 2021
Festival Danau Tempe 2021, penari, tari tradisional, penari wanita, Danau Tempe

Kalau belum, kamu bisa simak beberapa sorotan penting dari Festival Danau Tempe ke-27 yang udah sukses dilangsungkan beberapa waktu yang lalu dengan protokol kesehatan CHSE.

Asyiknya ikutan berbagai lomba dan nonton peragaan busana dari desainer ternama!

Setiap pelaksanaan Festival Danau Tempe selalu meriah. Tahun ini pun demikian. Masyarakat bisa ikut berbagai perlombaan yang diadakan di Danau Tempe dan sekitarnya, mulai dari Lomba Perahu Hias, Lomba Kuliner, dan tentu aja Lomba Perahu Dayung. Oh iya, sebelum seluruh kegiatan tersebut dilangsungkan, para tamu undangan dan masyarakat yang hadir di lokasi juga disambut dengan tarian khas Sulawesi Selatan. Uniknya, para tamu undangan menyaksikan perlombaan maupun pertunjukan yang disajikan dalam festival ini dari rumah terapung yang berdiri di atas Danau Tempe.

Perahu hias, Festival Danau Tempe 2021, perahu di Danau Tempe

Yang enggak kalah mengesankan dalam gelaran kali ini ialah acara peragaan busana dari salah satu desainer ternama yakni Ana’dara Kallolona Wajo. Fashion show tersebut istimewa banget karena secara khusus memamerkan beragam kostum cantik berbahan kain sutra khas Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Ada 20 model yang berpartisipasi dalam peragaan busana tersebut.

Peragaan Busana, Fashion Show, Festival Danau Tempe, kain sutra)

Sebagai sebuah event budaya, Festival Danau Tempe enggak cuma menyuguhkan hiburan maupun mengenalkan kesenian lokal. Gelaran ini juga dirangkaikan dengan acara ritual nelayan yakni “Macera Tappareng”. Ini merupakan ritual yang digelar oleh para nelayan untuk menyucikan danau sekaligus menjadi wujud syukur atas hasil danau.

Jadi penyebar semangat untuk bangkit di tengah pandemi.

Mengangkat tema “Bangkitkan Pariwisata Wajo dengan Semangat Yassiwajori”, Festival Danau Tempe 2021 menjadi momen penting untuk mempromosikan keunikan destinasi wisata maupun budaya Wajo. Harapannya lewat gelaran ini, masyarakat luas semakin tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Wajo sehingga sektor pariwisata bangkit dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Festival Danau Tempe, Lomba Kuliner, Bazaar makanan

Mas Menteri Sandiaga Salahuddin Uno yang memberikan sambutan secara virtual juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya festival ini. Mas Menteri menyebut bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus mendukung kegiatan serupa untuk mengembangkan UMKM, membantu pelaku industri ekonomi kreatif dan pariwisata, sekaligus melestarikan adat dan budaya.

Cek juga destinasi dan aktivitas wisata di Kabupaten Wajo!

Danau Tempe memang menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Para wisatawan yang baru pertama kali datang ke Wajo, wajib mampir ke danau ini. Selain itu, masih ada sederet aktivitas yang juga menarik buat dicoba terlebih lagi buat kamu yang baru pertama kali menjelajahi Kabupaten Wajo!

 

  1. Berbelanja kain sutra sambil melihat proses pembuatannya di Desa Pakkanna
Pembuatan tenun, Desa Pakkanna, penenun tradisional, alat tenun

Kabupaten Wajo punya satu kain khas yang enggak kalah cantik dari kain tradisional khas Indonesia lainnya. Namanya kain tenun sengkang. Kamu bisa memborong kain tersebut di Desa Pakkanna. Nah, uniknya seluruh proses pembuatan kain tersebut masih dilakukan secara tradisional. Wisatawan yang datang pun diizinkan untuk melihat proses pembuatannya mulai dari pemintalan benang, pewarnaan benang, hingga proses menenun kain.

 

  1. Yuk, icipin nasu palekko yang rasanya nampol!
Nasu palekko, bebek, makanan khas Wajo, bebek pedas

Datang ke destinasi ikonik, udah. Belanja kain khas, juga udah. Sekarang saatnya kamu icip-icip kuliner khas Kabupaten Wajo, nih! Namanya nasu palekko. Makanan ini terbuat dari bebek yang dimasak dengan bumbu pedas. Rasa rempahnya yang khas bikin para wisatawan ketagihan sama makanan yang satu ini.

 

  1. Menjelajahi kawasan Rumah Adat Attakkae
Rumah Adat Atakkae, rumah adat, rumah tradisional Kabupaten Wajo,
Destinasi wisata di Kabupaten Wajo

https://www.instagram.com/p/BPT4Z1_luCZ/

Sumber foto: dirafattar

 

Di Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, ada sebuah kawasan yang dikenal sebagai Rumah Adat Atakkae. Di sini, kamu bisa jalan-jalan dan melihat berbagai macam rumah adat dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo. Nah, salah satu yang sering mencuri perhatian ialah Saoraja La Tenri Bali yang merupakan rumah adat paling besar di kawasan tersebut.

Festival Danau Tempe 2021 ini menarik banget, kan? Di satu kegiatan, masyarakat bisa menikmati keindahan wisata alam sembari seru-seruan menyaksikan berbagai perlombaan. Makin kerennya lagi ada pertunjukan seni dan tradisi yang disajikan dalam event ini. Sampai ketemu di Festival Danau Tempe berikutnya dan semoga acaranya makin keren!

Buat kamu yang udah enggak sabar buat melihat langsung keelokan Danau Tempe dan destinasi lain di Wajo, yuk agendakan liburan ke Sulawesi Selatan! Namun, kamu wajib ikut vaksin covid-19 dulu. Selain itu, kamu juga harus patuh sama protokol kesehatan 6M dengan memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan juga menghindari makan bersama.

Link sources: https://parekraf.info/d6/2021/12/05/festival-danau-tempe-2021/

https://regional.kompas.com/read/2020/04/17/06370081/mengenal-kain-tenun-sengkan g-khas-wajo-ditenun-dari-sutra-oleh-ibu-rumah?page=all https://nyero.id/tempat-wisata-di-wajo/ https://www.celebes.co/makanan-khas-wajo https://profil.digitaldesa.id/lapauke-wajokab/wisata/rumah-adat-atakkae

Festival Danau Tempe 2021 : 28 November 2021 https://parekraf.info/d6/2021/12/05/festival-danau-tempe-2021/

Materi foto:

https://drive.google.com/drive/folders/1nw5IA4B09OgoOXYyY5qzOuq9nSksibXc?usp=shar ing

admin

Read Previous

Pesta Rakyat Mattimpa Bujung & Mappadengdang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *